Search This Blog

Pages - Menu

Monday 22 December 2014

Belajar Diving day #2: Hujan euy...


(Manado, 1 Desember 2014)


Ada apa ya tuh ribut-ribut di ruang depan? Aku kira cuman sang hujan aja yang ribut dari tadi, ternyata ada suara orang juga. Langsung aku melihat di ruang depan, eh, ternyata banjir. Ada air masuk ke rumah kost. Untung kamar adikku letaknya agak tinggi, jadi tidak tergenang. Tapi kasihan juga kamar yang di depan, sempat kemasukan air. Dengan cuaca begini, gimana kursus divingnya yaa? Hmm….

Waktu sudah mendekati setengah delapan, sesuai dengan perjanjian kemarin. Hujan sudah mulai reda, akupun bersiap untuk berangkat. Tanpa mandi, toh nanti akan nyebur ke laut. hehe..

Setelah sampai di warung Boboca, eh ternyata masih sunyi. Mungkin karena hujan tadi. Perut mulai keroncongan, tapi warungnya belum menjual apapun, bahkan belum buka. Sambil menunggu coach, waktu aku manfaatkan untuk jalan-jalan sebentar di pesisir pantai. Sampai ke ujung, ada satu warung yang sudah buka, dan akupun singgah sebentar untuk mengisi perut yang mulai berirama keroncong.
Suasana pagi yang mendung di Pantai Malalayang

Tiba-tiba ada bbm masuk dari om Arie. Ia telah menunggu di warung Boboca bersama dengan om Fani, asisten coach juga. Hujan sudah sedikit reda. Namun air laut di depan kami yang letaknya tidak jauh dari sungai mulai berubah warna menjadi keruh, tercampur dengan air dari sungai yang cokelat gara-gara hujan. Akhirnya kami beralih ke sisi pantai yang lain yang masih jernih.
Pindah ke sini divingnya. hehe....

Hari ini hanya sekali turun aja. Materinya antara lain “buddy breathing”. Yaitu gimana seandainya tabung kita kehabisan oksigen sehingga harus sharing oksigen dengan buddy atau teman se-penyelaman. Tidak lupa pula mempraktekkan ulang beberapa materi yang sudah diajarkan kemarin.
Praktek hanya berlangsung beberapa menit. Dan selanjutnya? Yoi… keliling-keliling. Di sisi pantai ini aku melihat ada ikan bandeng ukuran besar. Awalnya aku kira itu hiu. Ternyata bukan. Ada juga umpan yang ternyata milik orang yang lagi mancing di atas. Sempat ditarik-tarik sama om Arie. Aku kira om Arie sengaja mau iseng ngerjain orang yang lagi mancing di atas, ternyata dia bener-bener tidak tahu kalau umpan itu masih ada pemiliknya. Hehe…

Sisi pantai di sini menurutku cukup bagus untuk latihan. Area dangkalnya yang berpasir lumayan bersih, dikelilingi karang, airnya jernih dan cukup tenang. Jadi ikan-ikannya juga lumayan banyak dan sepertinya aman untuk penyelam pemula sepertiku. Bagus juga untuk snorkeling.

Oke, cukup untuk latihan hari ini. Besok akan dilanjutkan dengan materi yang lain. Semoga saja cuacanya mendukung.

never dive alone...

bersambung...

***

No comments:

Post a Comment