Search This Blog

Pages - Menu

Sunday 13 April 2014

Menikmati Keindahan Pantai Luari - Halmahera Utara

Pantai Luari, Halmahera Utara
Pantai Luari, Halmahera Utara
Pantai Luari, Halmahera Utara

Pertama kali aku ke sini tahun 2012 lalu. Dan sejak saat itu, jadi makin sering ke sini. Waktu itu sempat kaget, ternyata di dekat Tobelo ada pantai berpasir putih juga, mengingat sebagian besar pantai yang ada di Tobelo adalah berpasir hitam, seperti yang ada di Tanjung Pilawang. Jadi, Apabila sobat lagi berada di Tobelo, kemudian ingin menikmati pantai berpasir putih yang dekat dengan Tobelo tanpa harus menyeberang ke pulau, Pantai Luari-lah pilihan yang tepat.

Pantai Luari terletak di Desa Luari Kab. Halmahera Utara. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit berkendara dari Tobelo untuk mencapainya. Itulah sebabnya kenapa pantai berpasir putih yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik ini selalu ramai oleh wisatawan lokal saat weekend. Bagi sobat yang suka snorkelling, tempat ini bisa menjadi salah satu agenda anda apabila ke Tobelo. Meskipun terumbu karang di area pantai sudah ada yang rusak, namun sebagian besar masih bagus. Menurut informasi dari salah seorang nelayan setempat,  itu disebabkan karena dahulu aktifitas pengeboman ikan di pantai ini sering terjadi. Namun syukurlah sekarang sudah dilarang. Aku mendapatkan informasi juga kalau terumbu karang di bagian utara pantai masih sangat terjaga.

Pantai Luari - Halmahera Utara: ada pasir warna krem juga

Salah satu keunikan dan daya tarik tersendiri dari pantai Luari ini adalah kita bisa menikmati sunrise dan sunset. Untuk sunset, kita harus jalan menuju ke arah kiri pantai sampai ke tanjungnya.

tanjung batu karang di Pantai Luari

Sedangkan apabila berjalan ke sisi kanan pantai, sobat akan menemukan sensasi yang berbeda. Pasir di sebelah sini warnanya agak krem. Dari sini, bisa menyusuri kebun di pinggir laut dengan pemandangan batu karang. Semakin ke ujung, akan mendapati sebuah tanjung batu karang, di mana ombak yang besar seringkali menyambarnya. Suasana di sisi ini sunyi, karena aktivitas pengunjung kebanyakan di area pantai pasir putih. Padahal pemandangan di tanjung ini tidak kalah indahnya. Apalagi lautan kelihatan terhampar luas dari sini.

Pantai Luari, Halmahera Utara
Pantai Luari, Halmahera Utara
Pantai Luari, Halmahera Utara

Saat weekend, pengunjung pantai Luari akan dikenakan retribusi Rp. 20.000 untuk mobil, Rp. 10.000 untuk motor. Sedangkan di hari biasa, gratis.

Rujak khas Pantai Luari - Halmahera Utara

Tidak akan kesulitan mencari makanan di tempat ini. Pisang mulu bebe’, kelapa muda, rujak, jagung rebus manis, ikan bakar, dll, siap memanjakan lidah anda. Semuanya dijual oleh masyarakat  setempat setiap weekend dengan harga yang sangat terjangkau.

Pantai ini bersih. Kalaupun ada sampah, itu biasanya dari para pengunjung yang buang sembarangan. Meski begitu, penduduk setempat rajin membersihkan area pantai ini. Tempat bilas dan toilet yang bersih sudah tersedia. Rp. 5000 untuk mandi, Rp. 3000 untuk toilet.

***

Tips perjalanan ke Pantai Luari

  • Dari Tobelo maupun sebaliknya, bisa menumpang angkot jurusan Tobelo - Galela, Rp. 10.000. Bilang ke supir angkot, minta diturunkan di Pantai Luari. Kalau diturunkan di depan jalan besar, berarti jalan lagi ke dalam sekitar 100m.

  • Kalau menggunakan kendaraan sendiri, Pantai Luari letaknya di desa Luari. Tinggal jalan ke arah Galela. Setelah gapura desa Luari, perhatikan kanan jalan, ada papan nama. Atau tinggal tanya ke penduduk setempat. Jangan malu-malu bertanya. Penduduk di sini very very welcome.

    *****

1 comment: