Search This Blog

Pages - Menu

Saturday 19 January 2013

Senja di Tanjung Pilawang


 
Saat air lagi surut
Ini adalah salah satu tempat favouritku menikmati waktu senja di Tobelo, Halmahera Utara. Tanjung  Pilawang namanya. Sebuah area pantai yang menjadi salah satu objek wisata di Tobelo. Pasirnya hitam, airnya jernih dan tenang. Orang-orang sekitar biasanya menghabiskan waktu sore hari di sini. Ada yang sekedar duduk-duduk di pinggiran pantai sambil menikmati gorengan dan air guraka, ada yang bermain bola, ada yang mandi atau bermain air, dan ada yang hanya sekedar kumpul-kumpul saja. Lokasinya yang sangat dekat dengan pusat kota Tobelo, hanya beberapa menit saja, membuatnya sering ramai di sore hari.

Ada yang jualan Air Guraka dan Pisang Mulu Bebe'
Biasanya aku ke sini pada jam pulang kantor. Pak Ai’, teman sekaligus atasanku di kantor yang pertama kali mengajakku di sini. Dan sebelum beliau pensiun, kami sering sekali ke tempat ini di jam setelah pulang kantor. Suasananya nyaman sekali nongkrong di tanjung ini, setelah seharian penat bekerja, kemudian dengan motor menuju ke sini menembus udara sore kota Tobelo, menikmati pisang goreng dengan dabu-dabu, air guraka sambil ngobrol  tentang masalah pekerjaan maupun berbagi pengalaman lainnya dengan beliau yang sudah aku anggap seperti orang tuaku di perantauan ini. Kadang juga aku ke sini dengan beberapa teman lainnya. 

Dari pusat kota Tobelo, hanya dengan biaya bentor Rp. 5000 rupiah sekali antar, kita sudah bisa menuju ke Tanjung Pilawang. Waktu yang paling pas menurutku adalah waktu sore hari. Karena pada saat ini, matahari tidak terlalu menyengat, bahkan semakin sore, panasnya matahari biasanya terhalang oleh awan maupun pohon-pohon yang ada di sekitar.

Anda juga bisa menelusuri sisi lain pantai ini yang agak sepi, atau sekedar hunting foto. Lokasi sekitarnya yang banyak ditumbuhi pepohonan dan semak-semak barangkali bisa menjadi objek yang bagus untuk foto anda. Menurutku, lokasi di ini sangat bagus untuk hunting sunrise. Sedangkan untuk sunset juga tidak kalah menariknya, pemandangan langit di sore hari dengan pantulan cahaya mentari yang semakin memerah di balik pepohonan sepertinya bisa memberikan sensasi yang berbeda.
Sunset di Tanjung Pilawang...
Akses jalan masuk lumayan bagus. Kira-kira 200m dari jalan utama. Hanya saja kalau sudah malam, tidak ada penerangan seperti lampu jalan di sini. Sebaiknya kalo ke sini menggunakan motor, agar lebih praktis saat memarkir kendaraan.

No comments:

Post a Comment