Search This Blog

Pages - Menu

Sunday 4 January 2015

Menikmati Senja di Morotai


Suatu Senja di Morotai
Sunset atau matahari terbenam menurutku menjadi sebuah moment yang wajib dinikmati kalau sobat sedang liburan di Morotai. Suasana kota kecil di tepi laut yang menyatu dengan merah keemasannya langit di atas laut bibir pasifik seolah memberikan nuansa tersendiri yang mungkin jarang kita temui di tempat lain. Setidaknya sudah tiga tempat di pulau ini yang pernah aku datangi untuk menikmati sunset. Tentu saja bukan hanya ada tiga tempat tersebut. Bisa jadi masih banyak tempat di sisi lain di pulau Morotai.

Berikut ini aku akan  mencoba membahasnya satu per satu tiga tempat tersebut.

1. Depan kantor Bupati, Morotai (18 April 2014)
Senja di depan Kantor Bupati, Morotai
Posisi kantor Bupati yang berada di ketinggian, dengan area depannya berupa jalan raya dan lahan terbuka, membuat matahari yang terbenam tepat di atas laut kelihatan terpampang nyata. Hehe… Saya jadi membayangkan, gimana yaa suasana kalau lagi sore-sore di kantor Bupati ini sehabis bekerja, tinggal duduk santai di atas balkon, dengan ditemani secangkir teh atau kopi dan sepiring pisang goreng. Duh…
Narsis dulu sambil menunggu waktunya sunset di depan Kantor Bupati Morotai
Karena ini kantor pemerintah, jadi kita tidak boleh sembarangan masuk. Apalagi pas hari libur, kantornya kan tutup. Tapi jangan khawatir. Kita bisa juga duduk nongkrong di beton pinggir jalan raya di depan kantor. Untuk menuju ke tempat ini tidaklah sulit. Dari pusat kota Daruba, tinggal jalan kaki, bisa tanya-tanya ke orang sekitar. Atau kalau mau gampang dan cepat, naik bentor (becak motor) saja.
Senja di depan Kantor Bupati, Morotai
2. Pesisir pantai di resort Jababeka (14 Mei 2014)
Jababeka Resort, Morotai di sore hari
Ingin menikmati sunset sambil bermain di pantai? Ini salah satu tempatnya. Resortnya jauh dari keramaian. Sepertinya tempat ini cocok banget buat yang mau bulan madu. Sore harinya tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati sunset. Karena lingkungan resortnya sudah sekalian dengan pantainya. Tinggal jalan kaki aja ke arah laut. Kekurangannya adalah masih terdapat sampah berserakan di pantainya. Di samping itu, lokasinya yang jauh dari pusat kota sehingga membutuhkan kendaraan untuk sekedar mencari makan di luar resort.

Senja di Jababeka Resort, Morotai
Senja di Jababeka Resort, Morotai

3. Taman Kota (17 April 2014)
Taman Kota Daruba, Morotai
Taman Kota Daruba, Morotai di kala senja
Dari ketiga tempat yang aku bahas, tempat inilah yang paling aku favoritkan. Terletak di pusat kota Daruba membuatnya sangat mudah untuk dicari. Tamannya berhadapan langsung dengan laut dengan posisi terbenamnya matahari tepat di depannya. Terdapat beberapa pondok kecil untuk duduk-duduk sambil makan pisang goreng, air guraka, ikan bakar, dll. Tinggal pesan di warung-warung yang terletak di sisi kiri atau kanan. Semakin malam, suasana di taman ini semakin ramai. Tua, muda, anak-anak, rakyat biasa bahkan para pejabat sering nongkrong di tempat ini. Tidak usah khawatir kemalaman, berdasarkan pengalamanku, kota ini cukup aman di malam hari.
Menanti sunset di Taman Kota Daruba, Morotai (kiri-kanan) Jihad, Ichad, Thox
Senja di Taman Kota Daruba, Morotai
Senja di Taman Kota Daruba, Morotai
Itu saja cerita singkatku tentang suasana sunset di beberapa lokasi di Morotai yang pernah aku datangi. Semoga bisa menjadi tambahan referensi. Silahkan baca tulisanku yang lain tentang Morotai dengan di sini.
Narsis Menanti senja di depan Kantor Bupati, Morotai :D
Oh, ya. Menurutku sunset di sini akan sangat indah sekitar jam 18.25 s.d. 18.45 WIT. Jangan ketinggalan moment yaa… :D

 *****

No comments:

Post a Comment